Rawatan Lemah Jantung

Rawatan lemah jantung adalah perhatian khusus yang dibutuhkan untuk penderita lemah jantung. Lemah jantung itu sendiri memiliki arti sebagai kondisi dimana jantung tidak normal akibat menurunnya fungsi jantung dalam memompa darah. Biasanya lemah jantung diderita setelah seseorang sakit atau ada kondisi tertentu yang merusak organ jantung. Jantung adalah Rongga organ berotot yang bertugas untuk memompa darah melewati pembuluh darah olah kontraksi birama yang berulang-ulang. Jantung yang kita miliki berdenyut 70 kali setiap menit atau sekitar 140.000 kali setiap harinya.

Rawatan lemah jantung

Rawatan lemah jantung

Meskipun jantung anda terlihat sehat bukan berarti anda terhindar dari risiko lemah jantung dan tidak memerlukan rawatan lemah jantung. Fungsi jantung yang sehat adalah untuk membekali darah bersih kepada seluruh angota tubuh, Mengambil darah-darah yang digunakan, Menghantar pke paru-paru untuk mendapat udara yang bersih (oxygen).

Ciri-ciri orang yang membutuhkan Rawatan lemah jantung adalah:

– Lidah atau gusi yang menjadi bengkak atau sakit

yang kemungkinan jantung anda sedang mengalami beberapa masalah seperti lemak yang berlebihan, injap jantung lemah atau saluran koronari mengalami penyumbatan.

– Rasa sakit pada dada atau ulu hati sedikit ke sebelah kiri

yang biasanya terasa seperti dada anda sedang dihempap atau dihimpit benda berat.

– Tangan terasa kebas

terutama pada tangan kiri dan lengan yang memiliki kemungkinan besar anda akan terserang penyakit jantung dalam waktu yang dekat dengan munculnya gejala tersebut. ( pada wanita kebas yang dirasakan pada kedua tangan).

– Lidah terasa tegak

Lidah terasa tegak dan pendek serta muncul rasa kelitihan atau lelas setiap saat.

– Batuk tiba-tiba

Batuk tiba-tiba dan terus menerus yang disertai dengan rasa sesak nafas.

Beberapa cara dan tips memperkuat jantung lemah ini bisa dijadikan panduan untuk membantu untuk rawatan lemah jantung, di antaranya adalah :

1. Berolahraga Ringan 30 Menit

Rajin berolahraga adalah cara rawatan lemah jantung yang tepat untuk memulihkan lemah jantung. Seperti anda melakukan senam aerobik yang akan meningkatkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah atau melakukan olahraga mudah lainnya seperti jalan kaki, berkebun, naik sepeda, dan berenang.

Rutin melakukannya minimal 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu akan menguatkan jantung lemah Anda. Berolahraga juga sangat baik untuk memperkuat kondisi psikis Anda.

Olahraga aerobik bermanfaat memperkuat lemah jantung, hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh Pusat Kesehatan Universitas Columbia pada tahun 2007. Aerobik terbukti mengurangi respon berlebihan dalam tubuh dan mengurangi kemungkinan terjadinya aterosklerosis.

Dari 46 sampel darah orang dewasa yang diteliti sebelum dan setelah melakukan aerobik, ditemukan bahwa respon berlebihan dalam tubuh cenderung lebih dapat dikendalikan pada orang yang teratur melakukan aerobik. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung karena respon yang berlebihan dalam tubuh dapat menjadi pangkal terjadinya serangan jantung.

2. Berhenti Merokok

Rokok adalah musuh terbesar jantung. Merokok aktif atau menghisap rokok secara terus-menerus sama seperti dengan memasukkan racun ke dalam tubuh sendiri. Perlambatan atau pelemahan kerja jantung termasuk salah satu akibat buruk dari asap rokok yang terus-menerus masuk ke dalam tubuh anda.

Zat karbonmonoksida pada rokok dapat memicu terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan pada pembuluh koroner. Zat CO2 dan nikotin pada rokok juga akan membuat lemah jantung anda yang disebabkan karena pembuluh darah menjadi menyempit dan mengurangi kemampuan sel-sel darah merah dalam memasok oksigen ke seluruh tubuh. Keburukan lain dari rokok adalah meningkatkan tekanan darah. Untuk memperkuat jantu sebagai rawatan lemah jantung, Anda wajib menghindari rokok selama-lamanya. Apabila anda tidak dapat langsung berhenti, anda dapat menghentikan kebiasaan merokok secara perlahan tapi pasti.

3. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan normal juga membantu rawatan lemah jantung. Berat badan yang berlebih membuat organ-organ tubuh akan bekerja ekstra keras. Selain potensial mengakibatkan terjadinya serangan jantung, kelebihan berat badan juga akan memicu stroke, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Mengurangi berat badan ke kondisi normal bukan saja akan membantu anda untuk menguatkan jantung anda yang lemah, namun juga memperlancar peredaran darah dan menurunkan tekanan darah.

4. Mengurangi Konsumsi Lemak

Berhati-hatilah saat anda mengonsumsi daging yang mengandung lemak yang tinggi. Hal itu akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan dapat menyebabkan terjadinya penimbunan lemak dalam tubuh. Akibatnya, aliran darah menjadi tidak lancar dan membahayakan kesehatan jantung anda.

Untuk mengatasi lemah jantung, mengurangi konsumsi daging sudah seharusnya dilakukan. Batasi konsumsi daging berlemak tinggi tidak lebih dari 10 persen konsumsi kalori sehari-hari Anda. Supaya lemah jantung yang Anda derita tidak bertambah buruk.

5. Waspadai Penyakit yang Berhubungan dengan Jantung

Rawatan lemah jantung dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa penyakit yang dapat menimbulkan penyakit lemah jantung. Diabetes dan kelebihan kolesterol tinggi adalah faktor resiko terjadinya serangan lemah jantung. Untuk itu, Anda wajib mewaspadai terjadinya kondisi buruk tersebut. Selalu menjaga kesehatan tubuh dan berkonsultasi dengan dokter merupakan cara perawatan untuk lemah jantung untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan tersebut.

Semoga isi artikel mengenai rawatan lemah jantung yang sudah dijelaskan diatas dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan untuk melakukan langkah perawatan untuk penyakit lemah jantung kepada keluarga dan teman anda. Terima kasih.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Lemah Jantung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *