Lemah Jantung Tanda Tanda

Lemah jantung tanda tanda yang muncul sangat mudah untuk dideteksi. Lemah jantung adalah sebuah kondisi di mana saat jantung tidak berfungsi secara normal atau kemampuannya menurun. Jantung merupakan otot tubuh yang paling penting. Tidak seperti otot lainnya dalam tubuh, otot jantung tidak pernah beristirahat. Otot tersebut bekerja non-stop, siang dan malam, memompa darah ke dalam paru-paru.

Tekanan akhir relaksasi jantung turut meningkat, sehingga menyulitkan arus balik dari paru-paru memasuki serambi kiri jantung. Cairan di paru-paru akan mudah merembes ke kantong-kantong udara, sehingga timbul sesak napas. Dengan demikian, paru-paru turut menjadi rentan terhadap peningkatan tekanan darah (diastolik) di jantung.


Dalam keadaan seperti ini, bila tekanan darah tba-tiba melonjak tinggi dapat terjadi suatu kegawatan pada jantung dan paru akibat perembesan cairan dalam jumlah besar dan meluas ke hampir seluruh kantong-kantong udara dalam paru-paru.

Pasien akan mengeluh sesak napas berat. Lebih lega mengambil posisi duduk atau setengah tidur, karena bila berbaring cairan di paru-paru akan menempati hampir seluruh ruang ventilasi udara.

Lemah jantung tanda tanda frekuensi jantung meningkat untuk mengkompensir berkurangnya isi sekuncup agar curah-jantung semenit dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Oleh karena itu, orang yang lemah jantung pada awalnya mengeluh lekas capek, batuk-batuk sampai sesak napas berat, disertai debaran jantung yang makin kencang.

Seseorang yang memiliki tanda tanda lemah jantung seperti berikut:

1. Sesak nafas.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, seseorang yang memiliki lemah jantung akan merasakan sesak nafas akibat dari sistem pernafasan yang terganggu ketika fungsi jantung melemah, dan darah akan kembali ke dalan pembuluh darah yang memasok oksigen dari paru-paru ke jantung. Gejala sesak nafas ini biasanya muncul saat anda melakukan olahraga atau melakukan kegiatan lainnya.

2. Gangguan fikiran

Gangguan fikiran pada orang lemah jantun tanda tanda bahwa tidak terkontrolnya kadar zat tertentu dalam darah. Zat dalam darah tersebut seperti sodium serta kurangnya aliran darah ke otak yang dapat mengganggu memori manusia dan menyebabkan disorientasi. Saat seseorang mengalami lemah jantung tanda tanda seperti ini jarang disadari. Gangguan fikiran ini kadang menyebabkan berkurangnya nafsu makan ketika sistem jantung dan pencernaan telah bekerja keras namun gagal untuk menerima suplai darah yang sehat. Menurunnya nafsu makan mengakibatkan munculnya rasa mual atau kenyang yang anda rasakan walau anda belum makan. Yang dapat menyebabkan berat badan berkurang dengan cepat.

3. Detak jantung yang berlebih.

Untuk mengimbangi ketidak mampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh maka jantung akan mempercepat denyut nadinya. Pada penderita lemah jantung tanda tanda yang muncul seperti itu maka anda akan merasakan detak jantung anda yang terkadang berdebar-debar atau tidak teratur.

4. Batuk yang kronis.

Batuk yang kronis ditimbulkan karena adanya penumpukan cairan di paru-paru yang dapat menyebabkan batuk sulit untuk disembuhkan. Hal ini menyebabkan paru-paru akan menghasilkan dahak atau lendir yang bercampur dengan darah.

Berikut beberapa tips untuk mengurangi atau mencegah penyakit jantung:

– Pola Makan Sehat

Usahakan untuk menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Seperti soefood yang memiliki kandungan kadar kolesterol yang tinggi akan dapat membahayakan jantung anda. Disarankan untuk anda memakan makanan yang diolah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Sebisa mungkin produk makanan yang anda makan memiliki kadar lemak yang rendah atau tanpa lemak. Seperi anda memilih keju, susu, mentega, atau makanan lain yang berlemak rendah.

– Olah raga secara rutin dan teratur.

Anda dapat melakukan beberapa kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, berjalan cepat, berenang, atau jogging. Kegiatan olahraga yang kita lakukan yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan maka dapat menguatkan kerja jantung anda dan dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh anda.

– Mengkonsumsi Antioksidan.

Antiogsidan berfungsi untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh manusia. Polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok dapat mrnimbulkan radikal bebas dalam tubuh anda. Radikal bebas dapat menimbulkan endapan atau bisul pada pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penyumbatan, maka dari itu anda perlu mengkonsumsi antioksidan. Antioksidan dapat anda dapatkan dari sayuran dan buah-buahan yang anda konsumsi setiap harinya seperti pemanis alami, susu, telur, buah kiwi, apel, tomat, brokoli, wortel, bawang putih, kedelai, jagung, nanas, lemon, bayam, teh hijau, kentang, dan masih banyak lagi.

– Hindari sters

Apabila kita hidup di kota Jakarta sangatlah sulit bagi kita untuk menghindari stres. Saat seseorang mengalami stres, tubuh anda akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan darah menjadi kaku. Tubuh akan menghasilkan hormon norepinephrine saat kita mengalami stres yang akan berakibat naiknya tekanan darah pada darah tubuh anda. Sangat baik bila anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah dengan cara melakukan kegiatan yang dapat menghilangkan stres yang anda rasakan seperti melakukan perjalanan ke taman hiburan bersama keluarga atau dengan teman kantor anda. Dapat juga anda pergi ke pentai, puncak, atau bisa juga melakukan acara berkemah dipegunungan untuk anda yang menyukai naik gunung bersama teman-teman anda.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Lemah Jantung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *