Ciri-Ciri Penyakit Lemah Jantung

Ciri-ciri penyakit lemah jantung salah satunya seperti sesak nafas. Tugas utama jantung ialah memompa darah ke seluruh organ tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan di paru-paru. Kemampuan otot jantung melaksanakan tugas tersebut berangsur-angsur menurun sejalan dengan pertambahan usia anda. Untuk jantung anda tetap sehat, jantung anda membutuhkan banyak oksigen dan zat-zat gizi lain yang dibawa oleh darah. Lemah jantung biasanya diderita setelah anda mengalami sakit atau kondisi tertentu yang merusak organ tubuh manusia.

Ciri-ciri penyakit Lemah Jantung

Ciri-ciri penyakit Lemah Jantung

Penurunan kemampuan ini akan semakin mencolok bila ada keadaan lain yang turut mempengaruhi fungsi otot jantung tersebut termasuk ciri-ciri penyakit lemah jantung. Misalnya seperti, infeksi otot jantung/selaput otot (miokarditis/perikarditis), berkurangnya oksigen karena penyempitan pembuluh darah yang menyuplainya (penyakit jantung koroner), bertambahnya massa otot karena meningkatnya tekanan jantung (hipertensi) dll.

- Gangguan fungsi diastolik.

Gangguan fungsi diastolik dapat terjadi karena infark pada miokard, dan kardiomiopati, karena kelainan ini jantung tidak dapat memompa secara maksimal darah untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh. fungsi diastolik dapat terjadi karena adanya kelainan pada katup, contohnya adalah mitral stenosis. Hipertensi akan mengubah struktur/morfologi otot jantung dan berangsur-angsur akan mengurangi kemampuan elastisitasnya. Tekanan akhir relaksasi jantung turut meningkat, sehingga menyulitkan arus balik dari paru-paru memasuki serambi kiri jantung.

- Gangguan fungsi sistolik.

Apabila gangguan fungsi diastolik berjalan terus tanpa ada penanganan lebih lanjut, maka gangguan fungsi sistolik akan menyusul terganggu. Ciri-ciri penyakit lemah jantung akan terlihat semakin nyata. Biasanya ditandai dengan arus balik ke jantung yang makin terbendung, yang akan menimbulkan pembengkakan pada kedua tungkai. Tekanan darah yang biasanya tinggi, kini menjadi normal sampai dengan rendah, bergantung pada berat-tingginya lemah jantung. Demikian pun dengan sesak nafas yang dirasakan dari mulai sesak nafas yang ringan hingga lama kelamaan akan merasakan sesak nafas yang berat.

Adapun ciri-ciri penyakit lemah jantung yang suka dikeluhkan para penderita lemah jantung seperti:

1. Gampang lelah dan pening

Badan anda sering merasakan lemas disebabkan karena tidak normalnya pasokan darah dalam tubuh manusia. Sebaiknya anda segera mengecekkan kondisi jantung anda sebelum jangtung anda melemah.

2. Gejala sesak nafas

Apabila anda mengalami atau merasakan pernafasan anda yang tidak stabil atau yang sering disebut sesak nafas anda harus mewaspadainya. Sebab gejala tersebut biasanya salah satu gejala yang terkena penyakit asma. Namun, gejala sesak nafas ini juga mungkin merupakan salah satu gejala dari penyakit lemah jantung jantung. Dapat dijelaskan bahwa apabila ada penyakit lemah jantung kadang – kadang ada cairan dalam tubuh yang masuk ke dalam rongga paru – paru, maka akan sangat mengganggu udara ketika akan masuk ke dalam paru – paru anda, hingga akhirnya anda akan mengalami sesak nafas seperti tertimpa benda berat. Apabila ketika tidur atau saat anda beristirahat, anda mengalami sesak nafas, maka anda termasuk kedalam ciri-ciri penyakit lemah jantung.

3. Debaran jantung yang makin kencang atau disebut Palpitasi.

Geejala debaran jantung yang makin kencang patut untuk di waspadai juga. Karena gejala jantung yang sering berdebar kencang tanpa alasan sering muncul. Anda harus segera periksa ke dokter secepatnya untuk langkah selanjutnya. Biasanya Ciri-ciri penyakit lemah ini dibarengi dengan gejala penyakit lainnya.

Cara untuk mengurangi ciri-ciri penyakit lemah jantung yang muncul antara lain:

1. Menenangkan fikiran supaya tidak stress

Disaat anda mengalami stress karena kerjaan kantor atau masalah dirumah, tubuh anda akan mengeluarkan hormon cortisol yang dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat tubuh anda menderita stres yang berlebihan, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah dalam tubuh anda. Jadi sangat baik bila anda mampu menghindari stres yang anda rasakan di kantor atau pun di rumah. Stress dapat dihindari dengan melakukan kegiatan yang positif seperti menghibur diri dengan berlibur kepantai, berkemah ke gunung, atau melakukan kunjungan-kunjungan ke tempat wisata lainnya seperti kebun binatang atau musium yang baik untuk pengetahuan anak anda.

2. Berhenti merokok dan melakukan gaya hidup sehat.

Berhenti melakukan hal-hal yang membuat anda merasakan sesak nafas seperti kebiasaan anda merokok serta kebiasaan anda mengkonsumsi makan makanan yang berkadar lemak tinggi agar dapat mengurangi munculnya ciri-ciri penyakit pemah jantung. Perokok pasif sangat tidak baik bagi kesehatan jantung anda. Maka segera hentikan kebiasaan merokok anda demi kesehatan jantung anda.

Dengan gaya hidup sehat anda akan terhindar dari obesitas atau kegemukan yang dapat menyebabkan penyakit diabetes yang dapat mempercepat munculnya ciri-ciri penyakit lemah jantung pada tubuh anda. Kelebihan berat bandan akan meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidak normalan lemak dalam tubuh anda. Itulah sebabnya kenapa gaya hidup yang sehat dan pola makan yang tergaja harus anda terapkan dirumah.

3. Menyempatkan diri untuk berolahraga.

Anda harus menyempatkan diri untuk melakukan olahraga supaya terhindar dari ciri-ciri penyakit lemah jantung. Olahraga yang dapat anda lakukan sangat ringan seperti Berjalan kaki, jalan cepat, jogging, berenang, tenis, bersepeda, dll. Anda tidak perlu melakukan olahraga ringan ini secara berlebihan supaya dapat menguatkan kerja jantung anda serta dapat melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh anda.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Lemah Jantung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>